Cara lengkap memperpanjang pajak 5 tahun/ 1 tahun di Samsat Rancaekek Kabupaten Bandung

pajak 5 atau 1 tahunan
Pajak 5 / 1 tahunan
Sekilas tentang Pajak 5 tahunan/ 1 tahunan - Pajak adalah suatu kewajiban bagi pengguna kendaraan baik motor/ mobil untuk membayar tiap 1 tahun / 5 tahun di tanggal dan bulan yang tercantum di STNK anda dan  di bayarkan/ di proses di samsat sesuai dengan daerah masing-masing. Disini akan dijelaskan proses dan cara mengurus perpanjangan pajak 5 tahun/ 1 tahun di samsat rancaekek kabupaten bandung. Cara memperpanjang pajak baik dimanapun standarisasi proses nya relative sama, oleh karena itu jangan terlalu terpaku jika anda melakukannya di samsat yang lain. Karena dasar proses dan persyaratannya dipastikan sama dengan daerah yang lain.

Apa saja persyaratan yang harus di siapkan untuk perpanjang pajak 5 tahun ?

  1. BPKB motor/ mobil asli
  2. KTP asli
  3. STNK motor/ mobil asli
  4. Motor/ Mobil yang akan di perpanjang pajak sesuai dengan BPKB dan STNK
Itulah persyaratan inti yang harus dibawa untuk perpanjang pajak 5 tahun di samsat rancaekek kabupaten bandung dan samsat manapun. Persyaratan tersebut wajib untuk dibawa/ disertakan pada saat perpanjangan pajak 5 tahun. 

Tips untuk memperpanjang pajak 5 tahunan di samsat rancaekek kabupaten bandung
  1. Datanglah lebih pagi/ sebelum samsat di buka agar proses lebih cepat dan anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya seperti memfotocopy untuk persyaratannya
  2. Jika ada teman/ rekan yang bisa mengantar anda ke samsat, mintalah bantuan untuk menemani anda, agar anda tidak perlu hilir mudik mempersiapkan dan mengantri nantinya. Apalagi jika anda harus memproses lebih dari 1 kendaraan
  3. Ketika samsat belum dibuka, maka pergilah ke tempat fotocopy di sekitaran samsat. Carilah tempat fotocopy yang kosong/ tidak penuh. Katakanlah kepada Ibu/ Bapak tempat fotocopy bahwa anda akan memfotocopy untuk persyaratan memperpanjang pajak 5 tahunan. Keluarkan (BPKB, STNK, dan KTP) asli. Jangan khawatir akan salah, karena mereka sudah paham apa dan bagaimana penempatan dan apa saja yang harus di fotocopy. Kemungkinan biaya yang di keluarkan sebesar Rp 10.000 rupiah + Map
  4. Simpanlah BPKB asli, dan simpan di tempat yang mudah diambil dan tentunya disimpan di bagian yang aman
  5. Cek kembali map, dan lihat bagian yang di hekter untuk mengantisipasi sudah di hekter dengan baik. Meminimalisir kemungkinan terjatuh.
Harus dimulai dari mana untuk memulai proses-prosesnya ?

  1. Ketika datang ke samsat langsung parkirkan motor anda di tempat pengecekan fisik/ cek fisik kendaraan jika anda membawa teman, mintalah teman anda untuk menunggu motor di tempat antrian cek fisik. Selagi teman anda menunggu, maka pergilah ke tempat Loket Cek Fisik sambil membawa berkas Map persyaratan yang sudah di fotocopy. Lalu serahkan Map tersebut ke bagian tersebut untuk di cap cek fisik dibagian Map dan di berikan kertas cek fisik. Tunggulah hingga anda dipanggil kembali untuk mengambil berkas Map yang sudah di cap dan diberikan kertas cek fisik. Setelah selesai, lalu pergilah kembali ke tempat cek fisik, untuk di gesek. 
    loket cek fisik
    Loket cek fisik
  2. Tunggulah antrian untuk cek fisik, dan berikan kembali Map yang sudah di cap tersebut jika diminta, dan nanti akan di ambil kertas cek fisik nya oleh petugas gesek untuk di gesek pada bagian no. rangka, persiapkanlah uang seikhlasnya dan buka bagian jok motor jika no. rangka motor anda ada di bagian tersebut. Agar petugas mudah membukanya, dan anda tidak sibuk. Sedangkan untuk uang seikhlasnya akan di berikan setelah selesai cek fisik dan berkas Map di berikan kembali. Lalu simpan motor di tempat parkir dan masuk ke kantor samsat
    antrian cek fisik roda 2
    Antrian cek fisik roda 2

    gesek kendaraan roda 2
    Gesek kendaraan roda 2
  3. Serahkan Map ke bagian Pengaduan, jika anda masih ragu tanyakan pada bagian Customer Service. Dan tanyakan kembali " untuk pengajuan perpanjang pajak 5 tahunan harus diserahkan disebelah mana? ". Jika sudah di berikan, tunggulah di tempat tersebut jangan jauh-jauh dahulu, karena jika nanti anda di panggil akan jelas terdengar. Sedangkan jika anda membawa teman. Mintalah untuk teman tersebut menunggu didepan kasir. Karena setelah berada di dalam kantor samsat, akan banyak suara pemanggilan, dan kadang membuat orang-orang yang di panggil agak bingung di panggil di sebelah mana. Mengapa anda harus menunggu tepat di bagian Pengaduan? Karena ada kemungkinan anda dipanggil dan di minta untuk memperlihatkan BPKB asli ke petugas yang memanggil anda. Jika memang anda sudah di panggil untuk memperlihatkan BPKB asli. Tanyakanlah ke bagian petugas tersebut " Pak, proses selanjutnya saya harus menunggu di panggil di bagian mana? ". Biasanya setelah itu proses selanjutnya adalah menunggu untuk di panggil di bagian Kasir/ BJB 
    Pengaduan / Ganti STNK 5 tahun
    Pengaduan / Ganti STNK 5 tahun
  4. Jika anda sudah di panggil di bagian Kasir/ BJB, fokuslah anda di panggil di kasir 1/ kasir 2 sesuai dengan arahan pemanggilan. Siapkan nominal uang yang akan di bayarkan, perkirakan uang yang akan anda bayar di angka berapa sehingga siap untuk dibayarkan. Selanjutnya anda tinggal menunggu di bagian Penyerahan
    Kasir/ BJB
    Kasir/ BJB 

    Kasir/ BJB
    Kasir/ BJB
  5. Jika sudah di panggil maka anda tinggal mengambil STNK asli terbaru + plastik STNK baru dan KTP asli yang sebelumnya disertakan pada Map. Dan nanti anda akan diberikan kertas untuk pengambilan plat nomor, bentuknya panjang dengan warna kertas agak biru, dan bentuknya sama seperti STNK. Lalu anda tinggal pergi ke bagian pengambilan plat nomor, serahkan kertas pengambilan plat nomor ke bagian tersebut. Jangan lupa untuk tetap cek kembali STNK + Pajak terbaru anda setelah di serahkan, apabila ada kesalahan bisa langsung ditanyakan kembali ke bagian tersebut
    Penyerahan
    Penyerahan
  6. Jika sudah di panggil anda tinggal membawa plat nomor terbarunya 
    pengambilan plat nomor
    Pengambilan plat nomor
  7. Dan proses memperpanjang pajak 5 tahun/ 1 tahun di Samsat rancaekek kabupaten bandung telah selesai

Catatan :
  1. Datanglah lebih awal, karena semakin awal proses akan semakin cepat selesai
  2. Bawalah teman, keuntungan membawa teman adalah bisa di ajak bekerjasama jika ada kendala di tempat. Baik seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya. Ataupun jika anda mau merokok sambil menunggu proses pemanggilan, bisa bergantian dengan teman. Ataupun jika anda mendadak untuk pergi ke toilet. Bisa bergantian dengan teman. 
  3. Cek kembali persyaratan inti untuk memperpanjang pajak 5 tahun, sebelum pergi ke Samsat
  4. Bawalah uang lebih untuk antisipasi jika terjadi pengeluaran diluar dugaan

Sekian Cara lengkap memperpanjang pajak 5 tahun/ 1 tahun di Samsat Rancaekek Kabupaten Bandung. Terimakasih, semoga dapat membantu sobat sekalian !!!

Postingan terkait:

7 Tanggapan untuk "Cara lengkap memperpanjang pajak 5 tahun/ 1 tahun di Samsat Rancaekek Kabupaten Bandung"

  1. Di Samsat Rancaekek masih bnyk calo gak?dulu sy smpt ksitu bnyk calo&pelayanannya sngt mengecewakan sekali..

    ReplyDelete
  2. Kalo calo pasti selalu ada. Saran saja, lebih baik di urus sendiri. Supaya kita tahu proses-prosesnya kak @Muhammad Egi

    ReplyDelete
  3. Untuk pelayanan perpanjang pajak 5/1 Tainan masih belum memuaskan.

    ReplyDelete
  4. Mau Naya kalau ngisi stnk kelewat 3+ kaleng habis tahun dan mau ganti nama berapa biayanya??

    ReplyDelete
  5. mau nanya dong...kl motornya tidak ditempat tetapi sudah saya gesek tetap bisa di proses ?

    kemudian jika mengganti data alamat bisa dilkukan langsung atau perlu verifikasi dulu yah ?

    ReplyDelete
  6. Ktp asli itu ktp pemilik yg sesuai di stnk?., Atau yg ngga sesuai di stnk juga bisa?.,

    ReplyDelete
  7. Mau tanya klo gk ada BPKB nya bisa gk

    ReplyDelete